Minggu, 28 Oktober 2012

Malam pentasbihan PM V
          Minggu ini adalah minggu Kopasus, itulah kiranya yang tepat untuk menamai deretan hari selama beberapa hari belakangan ini. Tepatnya di Situlembang (senin 23 Oktober 2012) tempat itu adalah saksi dimulainya sebuah penempaan awal yang panjang ala militer, kami ber-50 orang menginjakan tempat yang menjadi kawah candradimukanya para prajurit hebat, untuk dibentuk mental, disiplin, dan ketahanan tubuh yang sebagai bekal bela negara. “Ragu-ragu silahkan kembali” sambutan yang tertulis disebuah gapura masuk ini justru menambah antusiasme kami untuk menghadapi hari-hari panjang yang pasti akan melelahkan. Mulailah detik itu, menjadi sebuah deretan pelajaran dan pengalaman yang bermakna dan kami-pun dengan penuh semangat tidak melewatkan setiap momen tersebut.
           Deretan agenda yang padat dan terus memacu semangat kami untuk terus menimba ilmu yang terus menerus diberikan. Meskipun kadang kami lalui penuh dengan keluh dan payah akan tetapi tidak ada sedikit niat-pun untuk mundur dari penempaan ini. Semua telah diukur dan diadaptasikan untuk kami, kaum sipil yang ingin banyak belajar, itulah secuil informasi yang kami dapatkan dan justru membuat kami lebih mantab untuk melaluinya. Kata-kata yang tegas ala militer yang memuat perintah, larangan, dan nasihat berusaha kita cerna dan resapi. Suara dentuman, senjata api, dan teriakan semangat para prajurit menambah nuansa yang membuat kami senantiasa mengusap kelelahan dan menghiasai wajah dengan keceriaan.


    “Kekuatan prajurit terbentuk dari sebuah penderitaan yang panjang, bukan dari sebuah kehidupan yang nyaman”, itulah kata yang ditampilkan didalam sebuah papan dan kami coba untuk  maknai secara lebih dalam lagi. Kami yakin kata itu adalah benar, dan untuk itulah kami ada ditempat ini dan tempat dimana  empat belas bulan mendatang yang akan kami lalui. Sebuah kehormatan bagi kami yang diberikesempatan untuk mengemban tugas mulia ini. Dan kami menyadari bahwa pengalaman berharga ini adalah sebuah awal dari perjalanan kami yang panjang untuk meniti sebuah perjalanan kehidupan.
Laiknya sebuah perjalanan yang panjang-pun pada akhirnya akan mencapai sebuah titik finish, dan akhirnya sebuah penempaan awal di Situlembang yang panjang itupun berakhir dan penempaan panjang selama 14 bulan telah siap menanti. Malam itu kamis, 24 Oktober 2012 bagi kami adalah malam yang bersejarah. Malam pengubahan status dari Calon Pengajar Muda menjadi Pengajar Muda, setelah kami melalui masa-masa training. Peletaan gelar kehormatan untuk kami ber-50. Gelar kehormatan bagi kami adalah tugas beserta tanggungjawab yang berada dipundak kami. Dalam diri kamilah sekarang nama baik Indonesia Mengajar dan bahkan nama pemerintah dipertaruhkan. Tentu saja tanggungjawab ini tidaklah ringan, akan tetapi bagi kami inilah tantangan dalam perjalanan perjuangan ini.
            Mulai hari itu, kami harus mulai mengamalkan apa yang telah kami peroleh selama masa training. Bagi kami selama training ini adalah proses yang telah banyak merubah kami. Perubahan itu tidak hanya pada wilayah kognitif saja, akan tetapi lebih dari itu karakter, sikap, dan cara pandang kami telah banyak berubah. Harapannya perubahan ke arah positif  disetiap masing-masing kami ini adalah awal sebagai dasar untuk berkontribusi dalam perubahan empat entitas perilaku masyarakat yang menjadi salah satu misi kami hadir. Semoga apa yang telah kami usahakan selama masa training ini berkah dan menjadi modal berharga kami amin!.  
     
             

0 komentar:

Posting Komentar